Haluannews Ekonomi – PT Bank Hibank Indonesia (hibank), bank digital milik BNI, resmi meluncurkan platform "hi by hibank" pada Jumat (21/2/2025). Aplikasi ini dirancang khusus untuk membidik pasar UMKM yang dinilai masih memiliki potensi besar. Direktur Utama hibank, Jenny Wiriyatno, optimistis kehadiran hibank akan melengkapi layanan BNI, khususnya dalam menjangkau UMKM yang belum terlayani secara optimal.

Related Post
Jenny menjelaskan, strategi hibank berbeda dengan induknya. Hibank fokus pada pembiayaan rantai pasok, terutama di sektor FMCG dan barang konsumsi. "Kita ikuti rantai pasar. Informasi digital diterjemahkan menjadi layanan digital lending. Jadi, kita tidak menggarap UMKM satu per satu," ujarnya seusai peluncuran di Hutan Kota GBK. Strategi ini diklaim mampu mendorong pertumbuhan kredit UMKM hibank mencapai 7-8%, jauh di atas rata-rata industri yang hanya tumbuh 3,37% (data OJK Desember 2024).

Target ambisius pun dipatok hibank. Mereka membidik satu juta nasabah baru dan pertumbuhan kredit UMKM hingga 40% di tahun 2025. Jenny meyakini target tersebut realistis, berkat fokus pada ekosistem dan komunitas UMKM. Sebagai daya tarik, hibank menawarkan bunga deposito hingga 6% untuk penempatan minimal Rp 1.000.000 selama 3 bulan. Kehadiran hibank diharapkan mampu menjadi solusi bagi UMKM yang membutuhkan akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau.
Editor: Rohman
Tinggalkan komentar