BRI Siap! Triliunan Rupiah untuk Nataru!

BRI Siap! Triliunan Rupiah untuk Nataru!

Haluannews Ekonomi – Jelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyatakan siap siaga dengan menyiapkan dana tunai fantastis. Sebesar Rp 24,6 triliun telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama periode liburan tersebut. Angka ini sedikit lebih rendah dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 25,2 triliun, seiring dengan tren peningkatan transaksi digital dan evaluasi kebutuhan riil di lapangan.

COLLABMEDIANET

Senior Executive Vice President Operation BRI, Nyoman Sugiriyasa, menjelaskan bahwa dana Rp 24,6 triliun tersebut akan mencukupi kebutuhan transaksi selama 8 hari, mulai 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025. Penyesuaian angka ini mempertimbangkan pergeseran perilaku masyarakat yang semakin aktif memanfaatkan layanan digital.

BRI Siap! Triliunan Rupiah untuk Nataru!
Gambar Istimewa : awsimages.detik.net.id

Haluannews.id mencatat, sepanjang tahun 2024, transaksi tarik tunai di ATM/CRM BRI turun 10% (YoY). Sebaliknya, transaksi digital justru menanjak signifikan. BRImo mencatatkan peningkatan transaksi hingga 39,8% (YoY), transaksi QRIS BRI naik 176% (YoY), dan transaksi EDC merchant BRI meningkat 97,8% (YoY).

"Peningkatan penggunaan digital banking sangat signifikan, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit berkurang," ungkap Sugiriyasa dalam keterangan resmi, Kamis (12/12/2024). "Namun, kami tetap memastikan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah yang masih memiliki tradisi tinggi transaksi tunai selama Natal," tambahnya.

Dari total dana yang disiapkan, sekitar 63% atau Rp 15,6 triliun dialokasikan untuk pengisian mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia. Sisanya, Rp 9 triliun, diperuntukkan bagi kebutuhan kantor cabang, layanan kas keliling, dan penyediaan uang tunai di wilayah terpencil. Hingga September 2024, BRI memiliki lebih dari 721 ribu jaringan e-channel, termasuk 700 ribu EDC, 12 ribu ATM, dan 9 ribu CRM.

BRI juga memastikan aksesibilitas layanan perbankan, baik tunai maupun non-tunai, tetap mudah diakses selama Nataru. Nasabah dapat memanfaatkan super app BRImo dengan lebih dari 100 fitur yang terus ditingkatkan. Lebih dari 1 juta Agen BRILink juga siap melayani transaksi seperti penarikan dan penyetoran tunai, pembayaran tagihan, transfer antar bank, dan lainnya.

"Dengan strategi yang terencana dan komprehensif, BRI optimistis dapat memberikan layanan perbankan optimal bagi masyarakat selama momen akhir tahun ini," tutup Sugiriyasa.

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikutikami :

Tinggalkan komentar